Powered By Blogger

Kamis, 20 Agustus 2009

RUANG LINGKUP PEMASARAN

Definisi
proses sosial dimana individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan/inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

RUANG LINGKUP
Barang
makanan, komoditas, pakaian, dll.
Jasa
perusahaan penerbangan, hotel, rental mobil, dokter, dll.
Pengayaan pengalaman
dunia fantasi, perjalanan wisata, dll.

Peristiwa
olimpiade, ultah perusahaan, even organizer, dll.
Orang
selebriti, popularitas, dll.
Tempat
periklanan, agen kehumasan, kapet
Properti
agen real estate, dll.

Organisasi
Perguruan tinggi, organisasi pertunjukan seni, dll.
Informasi
ensiklopedia, peta, buku non fiksi, dll.
Gagasan
air minum dalam kemasan, teh botol, dll.
SISTEM PEMASARAN SEDERHANA
KONSEP PEMASARAN INTI
SEGMENTASI
- Geografis : letak geografis
- Demografis : usia, jenis kelamin,penghasilan
- Psikografis : gaya hidup, kepribadian
- Perilaku : kejadian, manfaat

Pemasar dan Prospek
Pemasar :
dua pihak yang saling berusaha untuk menjual sesuatu kepada yang lain.
Prospek :
orang yang mencari tanggapan (perhatian, pembelian).

Kebutuhan, keinginan, permintaan
Kebutuhan :
tuntutan dasar manusia (makanan, udara, air, pakaian, rumah)

Keinginan :
kebutuhan yang diarahkan secara spesifik (air dingin, panas)

Permintaan :
keinginan akan produk-produk spesifik yang didukung oleh kemampuan untuk membayar

Produk atau tawaran
Adalah setiap tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan.

Nilai dan Kepuasan
Nilai :
perbandingan antara apa yang di dapat (manfaat) dan apa yang diberikan (biaya)
Kepuasan :
Sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan

Hubungan & jaringan kerja
membangun hub jangka panjang yg slg memuaskan dgn (pelanggan, pemasok, distributor)
Jaringan kerja terdiri dr perusahaan, pemercaya (stakeholder), pendukung (pelanggan, pemasok, karyawan, distributor, pengecer, agen periklanan, dll)

PASAR
- Pasar Konsumen
untuk dikonsumsi sebagai pengguna akhir
- Pasar Bisnis
* dikonsumsi,
* diolah,
* dijual
BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Product (produk)
Price (harga)
Place (saluran distribusi)
Promotion (promosi/komunikasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar