Loading...

Jumat, 21 Agustus 2009

DIFERENSIASI DAN POSITIONING

DIFERENSIASI
Tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing.

Syarat Diferensiasi
Harus mampu mendatangkan nilai lebih ke pelanggan.
Perbedaan tersebut harus punya makna dan mendatangakan nilai dan keuntungan ke pelanggan.
Cth. - Isuzu
- Yakult

Harus merupakan keunggulan dibanding pesaing.
Diferensiasi akan kokoh jika menciptakan perbedaan dan perbedaan tersebut mencerminkan keunggulan.
Cth. - Extra Joss “ini biangnya, buat apa beli botolnya”
- Komix “ disobek langsung glek”

Harus memiliki keunikan sehingga tidak gampang ditiru pesaing.
Diferensiasi harus tersusun atas sekumpulan sistem aktivitas yang saling terkait dimana antar aktivitas tersebut klop satu sama lain.
Cth - Telkomsel
- Honda

Diferensiasi Produk
- Bentuk
Diferensiasi berdasarkan ukuran, model atau struktur fisik.

- Fitur
Ditawarkan dengan berbagai keistimewaan, yakni karakteristik yg melengkapi fungsi dasar produk.


Kinerja
Mengacu pada level dimana karakteristik dasar produk itu beroperasi

- Kesesuaian
Tingkat dimana semua unit yang diproduksi adalah identik dan memenuhi spesifikasi sasaran yang dijanjikan


- Daya Tahan
Ukuran usia operasi produk yang diharapkan dlm kondisi normal dan atau berat, merupakan atribut yg berharga untuk produk tertentu.

- Keandalan
Ukuran kemungkinan suatu produk tidak akan rusak atau gagal dalam suatu periode tertentu.

- Mudah Diperbaiki
Kemudahan untuk memperbaiki suatu produk yang rusak atau gagal.

- Gaya
Penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk itu

- Rancangan
Keistimewaan yang mempengaruhi penampilan dan fungsi produk

Diferensiasi Layanan
- Kemudahan pemesanan
Mengacu pada seberapa mudah pelanggan dapat melakukan pemesanan ke perusahaan.

- Pengiriman
Seberapa baik produk atau jasa diserahkan kepada pelanggan.

- Pemasangan
Pekerjaan yang dilakukan untuk membuat suatu produk beroperasi di lokasi yang direncanakan.

- Pelatihan pelanggan
Pelatihan para pegawai pelanggan untuk menggunakan peralatan dari penjual secara tepat dan efisien.

- Konsultasi pelanggan
Pelayanan data, sistem, informasi dan saran yang diberikan penjual kepada pembeli.

- Pemeliharaan & perbaikan
Program pelayanan perusahaan untuk membantu pelanggan menjaga produk yang mereka beli dalam kondisi kerja yang baik.



Diferensiasi Saluran
Merancang saluran distribusi terutama yang menyangkut :
- Jangkauan
- Keahlian dan
- Kinerja

Diferensiasi Citra
- Lambang
Citra dpt diperkuat dengan simbol/ lambang, atau warna pengidentifikasi.

- Media
Iklan berupa suatu cerita, suasana hati, pernyataan-pernyataan yang berbeda dengan yang lain.

- Suasana
Ruang fisik merupakan pencipta citra yang kuat, rancangan gedung, interior, tata letak, warna, material dan perabotan yang tepat.

- Peristiwa
Perusahaan dapat membangun suatu identitas melalui jenis kegiatan yang disponsorinya.


Diferensiasi Personalia
- Kemampuan
Memiliki keahlian dan pengetahuan yang diperlukan.
- Kesopanan
Ramah, menghormati dan penuh perhatian.
- Kredibilitas
Dapat dipercaya.

- Dapat diandalkan
Memberi pelayanan yg konsisten dan akurat.

- Cepat tanggap
Cepat menanggapi permintaan dan permasalahan konsumen.

- Komunikatif
Berusaha memahami pelanggan dan berkomunikasi dengan jelas.


POSITIONING
Bagaimana sebuah produk dapat dirumuskan secara berbeda oleh konsumen atas atribut-atribut yang dianggapnya penting, relatif dibandingkan dengan produk pesaing

4 Syarat membangun Positioning
Didasarkan pada kajian atas pelanggan.
-Positioning harus dipersepsi positif oleh pelanggan.
Cth. - Vegeta sebagai minuman berserat
- Tekita

- Didasarkan atas kapabilitas dan kekuatan internal perusahaan.
jangan merumuskan positining bila tidak mampu melakukannya karena pelanggan akan menganggap anda telah berbohong.
Cth. - Inul “goyang ngebor”
- Honda “rajanya motor bebek”

- Didasarkan pada kajian atas pesaing
Positioning haruslah bersifat unik, sehingga dapat dengan mudah mendiferensiasikan diri dari pesaing, sehingga tidak mudah ditiru dan akan bertahan dalam jangka panjang.
Cth. - Nokia

- Didasarkan pada kajian atas perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis.
Positioning harus berkelanjutandan selalu relevan dengan berbagai perubahan dalam lingkungan bisnis.
Cth. – Sampoerna A Mild “Taste of the future”, “Haw low can you go”, ”Bukan basa basi”, “others can only follow”
Pernyataan positioning produk
Hemaviton Action
“2 x sehari siap Action”
Dancow
“Aku & kau, suka Dancow”
Toyota Kijang
“Memang tiada duanya”

Kopi Kapal Api
“Jelas lebih enak”
Sampoerna Hijau
“Asiknya rame-rame”
Clear shampoo
“Pake hitam, siapa takut !”
Telkom Flexi
“Bukan telepon biasa”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar